LuPhe_mE

Jumat, 27 Juli 2012

Setting Access Point Sebagai Client Menggunakan Edimax

1. IP default untuk Radio Wireless Edimax : 192.168.2.1
2. Setting Konfigurasi IP LAN Card Komputer kita.
a. Click Start – Control Panel – Network Connections
b. Click Kanan pada Local Area Network pilih Properties





c. Muncul Dialog pilih tab General kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP)
click button Properties



d. Muncul dialog Internet Protocol (TCP/IP) Properties. Pilih Tab General
kemudian tandai tulisan Use the following IP Address. Kemudian isikan
dengan IP yang sejenis dengan IP radio Edimax. Tapi perlu diingat jangan
sama dengan IP radio. Misalnya IP Radio Edimax yang akan kita konfigurasi :
Bottom Properties 192.168.2.1, nach setting ip di LAN Card Komputer kita dengan 192.168.2.xx



e. Kemudian click Tombol OK.

Kemudian kita buka browser yang telah tersedia pada komputer anda (ex: Internet Explorer, Mozilla FireFox, dsb). Kita ketik http://192.168.2.1 pada address bar.
Setelah itu akan muncul jendela Login Default Radio Edimax. Pada User Name isikan admin sedangkan Password isikan 1234. Kemudian pilih OK.

Setelah itu akan masuk ke menu utama Setting Radio Wireless Edimax. Klik tombol System Tool lalu klik password setting. Digunakan untuk merubah settingan password radio Wireless Edimax yang defaultnya 1234. Rubah password radio. Lalu tekan tombol Apply.

Setelah itu kita akan muncul dialog login, kita diminta untuk memasukan password baru kita. Lalu pilih OK.
Kemudian klik tombol WAN>>Static IP. Masukan IP Wan kita yang telah dibagi ke masing-masing Client, lalu klik enabled pada menu TTL. Selanjutnya tekan tombol Apply.

Kemudian muncul dialog, tekan Apply sekali lagi. Lalu OK. Radio Edimax akan merestart dalam waktu kurang lebih 30 detik. Selanjutnya pada DNS (Domain Name Server) Address isikan : 202.134.0.155
Lalu pada kolom Secondary DNS Address (optional) isikan : 202.134.2.5 kemudian Apply.

Langkah selanjutnya Masuk ke Konfigurasi LAN. Klik (seperti gambar dibawah) LAN kemudian muncul konfigurasi LAN, masukan IP Radio yang telah berikan pada masing masing client. Apabila sudah selesai tekan tombol Apply. Kemudian muncul dialog tekan Apply sekali lagi. Kemudian tekan tombol OK. Radio akan merestart dalam waktu 30 detik
Kemudian kita masuk ke konfigurasi Wireless. Klik tombol Wireless>>Basic Settings. Kemudian samakan konfigurasi seperti gambar dibawah ini. Kecuali untuk ESSID dan WLAN MAC.

Kemudian tekan tombol Select Site Survey akan muncul dialog Wireless Site Survey, kemudian pilih SSID Access Point yang mau kita koneksikan. Kemudian tekan tombol Connect. Apabila sudah selesai tekan tombol Apply. Kemudian muncul dialog tekan Apply sekali lagi. Kemudian tekan tombol OK. Radio Edimax akan merestart dalam waktu 30 detik. Silahkan tunggu.

Langkah selanjutnya tekan tombol Security Settings. Langkah ini dilakukan jika Radio Access Point menggunakan Encryption Keys. Samakan konfigurasi seperti gambar di bawah berikut.


Masukan Encryption Keys 1 sesuai dengan Encryption Keys yang telah diberikan oleh administrator jaringan. Apabila sudah selesai tekan tombol Apply. Kemudian muncul dialog tekan Apply sekali lagi. Kemudian tekan tombol OK. Radio Edimax akan merestart dalam waktu 30 detik.
KET: Encryption Keys merupakan Security Radio Access Point. Demi keamanan suatu jaringan WAN sebaiknya dirahasiakan. Sampai disini selesai konfigurasi untuk Radio Wireless Edimax.
Langkah selanjutnya Close Internet Explorer. Setting IP Komputer-Komputer LAN untuk koneksi ke Internet.

Kemudian masuk kembali ke konfigurasi LAN Card, langkah-langkah bisa dilihat pada point-point diatas. Kemudian setting seperti gambar disamping. Kemudian OK.
Setelah itu coba Buka Browser Internet Explorer lalu coba browsing ke internet misalnya: http://www.google.co.id

semogaa berhasilll.......
klau gagal cba ulangi lagi yach....
semangatttt.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar